jalan-gratis

24 Juli 2012

Puasa dengan Food Combining dan Nutrishake ;-)

Puasa sering merasa lemas?
Mungkin ada yang salah dengan cara kamu berpuasa :-)
Bukankah berpuasa itu seharusnya membuat badan sehat?  Karena selama 1 tahun organ tubuh kita terus bergerak memproses makanan tanpa henti, sekali-kali perlu beristirahat juga bukan?

Puasa, juga ada optimalisasinya loh...salah satu caranya adalah dengan food combining, mengatur pola makan sebagaimana seharusnya.  Sebab, seringkali mosi 'balas dendam' setelah 12 jam berpuasa membuat kita tidak kontrol saat bertemu makanan...hehehe...bahkan sering, ibadah pun jadi terganggu akibat berbuka secara berlebihan alias kekenyangan :P

Rasulullah SAW mengajarkan kepada kita untuk berhenti makan sebelum kenyang, artinya makanlah secukupnya.  Sama halnya dengan food combining, sangat tidak disarankan untuk makan berlebihan atau sampai terlalu kenyang.  Food combining sendiri adalah cara mengatur pola makan yang disesuaikan dengan metabolisme tubuh manusia.

Apa saja metabolisme tubuh manusia itu?

Yang pertama adalah saat pembuangan, yaitu berlangsung antara pk.04.00 pagi - 12.00 siang. Kedua, adalah waktu pencernaan, yang berlangsung antara pk. 12.00 siang - 20.00 malam. Yang ketiga adalah saat penyerapan dan asimilasi, yaitu antara pk.20.00 malam - 04.00 pagi.  Ketahuan kan yaa kenapa tidak disarankan untuk begadang?  Simpel karena pada saat itu, tubuh kita butuh waktu untuk melakukan proses penyerapan dan asimilasi tadi, termasuk juga regenerasi sel tubuh.  Dan proses ini akan optimal bila berlangsung saat kita tidur.  Jadi, penting yaa untuk mengatur pola tidur kita juga (sambil ngingetin diri sendiri nih :D).

Saat berbuka, disarankan untuk tidak langsung memulai dengan makan besar, sebaliknya cukup dengan memakan makanan yang mudah dicerna.  Salah satunya adalah kurma sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW.  Kurma mengandung serat dan beta glucan selain juga gula, sehingga rasa manis kurma tidak menyebabkan naiknya gula darah secara cepat.  Jus buah juga bisa dijadikan alternatif lain saat berbuka, tanpa es tapi yaa... ini untuk menghindari batuk dan radang tenggorokan..hehehe..
Alternatif lainnya adalah dengan minum Nutrishake tentunya :-)  Nutrishake tidak mengandung gula tambahan dan memiliki rasa manis yang alami, low GI (Glycemic Index) sehingga cocok juga untuk orang yang menderita diabetes.

Untuk makan besarnya sendiri, silakan lakukan minimal 30 menit sesudahnya.  Dianjurkan porsi makannya mengikuti porsi makan vegetarian dan porsi makan hewani yang diselang seling setiap hari.  Hidangan lainnya seperti kolak, malah sebaiknya dimakan setelah taraweh saja, dan sebaiknya juga tidak bersantan kental.

Untuk makan sahur, konsumsilah makanan yang juga mudah dicerna, seperti buah dan sayur atau Nutrishake. Jika kamu ingin makan nasi, makanlah dengan lauk dari protein nabati saja, seperti tahu dan tempe.

Puasa adalah untuk menahan nafsu.  Tapi sejatinya tidak hanya saat berpuasa saja, tapi juga saat malam hari.  Biarkan organ-organ pencernaan kita dapat beristirahat dan terjaga fungsinya dengan baik.

Mau tau soal Nutrishake?
Liat di sini yaa... http://www.DietSehatBerduit.tk

Tidak ada komentar: