jalan-gratis

18 Desember 2009

Kios MURAH atau GRATIS... sekedar berbagi perspektif yang (mungkin) berbeda

Belakangan ini ramai dibicarakan di milis mengenai kios murah atau gratis... berkah, atau musibah? Sebagian orang memandang ini adalah BERKAH, karena ya tentunya kios murah atau gratis ini akan sangat mengurangi budget untuk pengeluaran toko... bukankah begitu? Namun ternyata konsep ini tidak sepenuhnya benar. Mengapa? Tentunya harus dilihat dari berbagai pertimbangan yang make sense.

Kios murah atau gratis bagi pedagang RITEL ternyata adalah MUSIBAH. Ya. Kaget? Seharusnya tidak. Ini sangat make sense. Mungkin, ada baiknya kita lihat dulu, Mengapa suatu kios itu bisa murah bahkan Gratis? Ternyata rata-rata alasannya adalah: kurangnya peminat pedagang untuk menempati kios di lokasi tersebut. Mengapa? Biasanya karena lokasi tersebut sepi, sehingga leads yang diharapkan pedagang untuk mendatangkan pelanggan ke tokonya sangat sedikit... bahkan mungkin hampir tidak ada. Lalu, bagaimana pedagang tersebut bisa melakukan penjualan kalau pengunjungnya saja tidak ada? Darimana bisa membukukan untung? Make sense, kan? :)

Lalu, bagaimana bila kita mendapatkan kesempatan memperoleh kios murah atau gratis tadi? Menurut saya pribadi, sekali lagi ini murni pendapat saya pribadi ya :) untuk tipe kios murah atau gratis, sangat tidak saya sarankan untuk pedagang RITEL. Jadi, jika Anda adalah pedagang RITEL, saran saya ya tinggalkan saja... carilah lokasi yang lebih ramai dan potensial :) Lalu, tipe pedagang seperti apa yang cocok menempati lokasi seperti ini? Nah, kalau pertanyaan ini ditujukan kepada saya maka akan saya jawab: AGEN.



Mengapa AGEN? Menurut saya, agen memiliki keuntungan back up dari produsen berupa pengiklanan nama atau tokonya pada media-media dimana produsen produk yang diageninya tersebut beriklan. Dari iklan inilah diharapkan leads akan datang. Jadi, target market utama pemilik kios gratis adalah leads yag didatangkan dari iklan, bukan dari pengunjung sekitar kios. Kalau toh ada pembeli dari kalangan pengunjung sekitar kios, itu adalah Bonus :)

Lalu, apa bisa leads dari iklan ini mencukupi laba yang diharapkan bisa dibukukan pemilik kios gratis untuk menutup biaya operasional dan mencukupi pendapatannya? Nah, ini faktor lain lagi yang menjadi pertimbangan. Sudah perlukah Anda membuka kios/showroom sebagai representatif? Rasanya pertanyaan ini hanya bisa dijawab Anda sendiri :)

Apapun keputusannya, jangan berhenti menganalisa tindakan Anda! Tindakan lho ya... bukan Rencana! :D

Salam.

Tidak ada komentar: