jalan-gratis

1 Agustus 2009

Kondaktor Orchestra Cerminan Seorang Leader

Tulisan asli dari Deddy Rennyanto www.tips-trik-marketing.co.cc
---------------------------------------------------

Saya sangat menggemari musik, terutama live show. Sewaktu kuliah pun suka pergi campus to campus melihat pertunjukkan Band. Namun saya sangat senang sekali ketika melihat suatu band ketika diiringi alunan musik orkestra. Musik akan terdengar lebih megah dan elegan. Band Indonesia yang saya lihat suka berkolaborasi dengan orkestra adalah Dewa. It’s my favorite band.


Di Indonesia memiliki beberapa grup orkestra yang sering kita lihat di televisi. Mereka dipimpin oleh para Maestro seperti Erwin Gutawa, Dian HP, dan lain-lain. Sesuatu yang ingin saya soroti disini adalah “role of the conductor”. Kondaktor sebagai pemimpin dari para musisi yang terlibat jelas sekali memiliki peran yang penting. Bayangkan tanpa ada seorang kondaktor, masing-masing player akan bermain menurut keinginan mereka sendiri.

Sebelum show, konduktor berperan sebagai konseptor/composer yang merencanakan permainan. Dia harus tahu performance seperti apa yang akan disuguhkan, dengan memperhatikan environment nya : siapa pendengarnya, berapa lama, dengan siapa dia berkolaborasi termasuk seperti apa tempat bermainnya. Nah seperti seorang pemimpin harus bisa membangun visi dan tujuan perusahaan dengan memperhatikan lingkungan bisnis yang ada (siapa pesaingnya, seperti apa market yang akan dihadapi dan target waktu dalam pencapaian tujuan).


Ketika dalam permainan pun dia tidak hanya sebagai penonton yang melihat hasil kreasi rancangannya. Namun juga ikut terlibat bersama-sama dalam pertunjukkan. Dia pun memimpin secara langsung. Menselaraskan para pemainnya, menjaga tempo, mengarahkan kapan musik di mulai dan berhenti, sehingga terciptalah musik dengan harmonisasi yang indah.

Seorang kondaktor pun harus adaptif. Dia pun harus bisa membaca dan merespon situasi para audience nya. Oleh karenanya dia harus mampu inovatif dan melakukan perubahan untuk menciptakan atmoshphere baru. Nah itu kenapa kita akan terhanyut dalam suasana yang dibawakan oleh pertunjukan orkestra.

Dari sini bisa kita align kan dengan 3 peran penting seorang Pemimpin, yaitu :

Visionary Leadership
- Menentukan arah perusahaan di masa depan
- Membangun moral (ethic)

Action Managership
- Bertanggung jawab dalam merencanakan, menjalankan dan melakukan kendali pada operasional bisnis
- Menterjemahkan strategi dan kebijakan perusahaan kedalam pekerjaan

Innovative Ultrapreneurship
- Membaca peluang baru
- Menciptakan suatu perubahan

Tidak ada komentar: