jalan-gratis

12 Agustus 2012

Mengembalikan Motivasi Diri

Pernah merasakan berada didalam situasi yang kurang menyenangkan? Atau malah sering? :P
Semua hal terasa flat banget dan semangat pun hilang. Bahaya! Itu tanda-tanda awal kalian mengalami demotivasi - situasi dimana mulai hilangnya motivasi diri, hilang arah, bahkan seperti hilang tujuan...

Nah, sekarang waktunya kalian mengembalikan semangat kalian lagi! Yuk, simak tips-tipsnya berikut ini yaa...






1. Temukan Tujuan

Salah satu cara cepat  memotivasi diri adalah kembali ke tujuan kalian. Coba buat daftar  target yang akan kalian capai dalam waktu dekat. Dengan cara ini  kemungkinan kalian tidak merasakan hidup yang datar alias begitu-begitu aja.
Start with the END. Mulailah dari akhir/tujuan itu lalu tarik mundur ke saat ini.

Contoh:
Mau SM? Mengapa? Ooh...karena uang bonus bulanannya bisa untuk mulai nambahin KPR misalnya. Kapan dateline-nya?
Urgent nambahin KPR di Desember 2012 misalkan karena mulai bulan itu bakalan ada biaya tambahan untuk tabungan sekolah anak, yang kalau ga tercapai pokoknya bakalan kalang kabut deh karena ga tau musti nutupin kekurangannya darimana.  Nah, kalau sudah ketemu alasan kuat mengapa itu tadi, sudah jelas dateline-nya, tarik mundur deh ke saat ini.  Dengan cara ini, kalian bisa breakdown tujuan kalian tadi menjadi goals-goals kecil yang lebih 'kelihatan' arahnya.
Start with the big picture, then breakdown to small targets.


2. Cari Inspirasi

Setelah tujuan ditemukan dan target dibuat, selanjutnya carilah panutan yang bisa kalian  contek abis cara kerjanya. Cari role model, cari krincingan.

Contoh:
Jika kalian ingin meraih level SM misalkan, maka sering-sering deh main-main ke wall FB upline-upline kalian yang kalian lihat aktif dan cepat naik levelnya.  Ikutin training atau eTraining dari para upline yang membagi kisah sukses mereka, lalu yang paling penting ya serap ilmunya, contek abis kalo perlu...jangan cuma dibaca lalu lewat aja yah alias ga dipraktekin.. karena tetep, ilmu yang ga dipraktekin akan percuma jadinya..

Para upline ataupun krincingan yang semangat-semangat inilah yang bisa membuat kalian terus terinspirasi.  Tapii...ingat juga, the best motivator is yourself. Jadi percuma juga jika kalian cari panutan tapi kaliannya ga mau berubah.  Change yourself dulu, baru yang lainnya mengikuti.


3. Pilihlah Lingkungan yang Mendukung

Motivasi akan terus berjalan  baik jika kalian berada di dalam lingkungan yang mendukung.

Contoh:
Jika kalian bertekad meraih level SM tahun ini, maka  lingkungan yang baik adalah mereka yang juga sedang mengejar level SM ataupun mereka yang sudah SM. Mau SM tapi gaulnya sama mereka yang hobinya ngeluuh melulu, dijamin deh lama-lama motivasi kalian akan luntur (naudzubillah).

Lingkungan yang tepat akan memberikan  semangat untuk kalian jika suatu saat tekad kalian mulai memudar.  Ingat, aura itu menular loh...jadii pintar-pintarlah memilih lingkungan kalian :)


4. Realistislah, jangan nekat!

Jangan berharap terlalu  tinggi, mulailah dari kecil dahulu.  Jika tujuan kalian yang kecil tercapai  barulah kalian memulai ke tahap yang lebih tinggi. Jika kalian memulai tujuan  yang terlalu tinggi lalu tak tercapai, hal ini akan membuat kalian menjadi bad mood bahkan memudarkan  semangat kalian. Lebih baik cari keberhasilan  tersebut satu per satu, setahap demi setahap namun pasti arahnya.

Apa itu artinya tidak boleh bermimpi besar?  Oh tidaak....IMPIAN HARUS TETAP BESAR, tapii...ubahlah di target yang SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic, Time Bounded).

Iya, fast is better...lebih cepat lebih baik, hehehe (kaya jargon kampanye yah :P) tapii...kalian harus yakin. Cepat dan yakin.  Kalau kalian mau cepat tapi ga yakin biasanya yang menang itu ga yakinnya, dan akhirnya hasilnya pun ga sesuai kemauan alias ga berhasil.  Memang ini latihan mental banget, beruntunglah kalian yang memang sudah punya mental baja...hehehe... Tapii apa itu artinya yang mentalnya belum baja tidak akan berhasil? Engga juga kok, karena sikap mental ini seperti tanaman yang perlu disiram setiap hari, seperti otot yang butuh dilatih.  Caranya?  Yaa...memulai dari yang kecil itu tadi.

Contoh:
Pasang target lompat level, padahal kenyataannya kalian masih terbentur masalah waktu, masih sulit ngatur waktu, ga punya jadwal yang pasti, rekrut juga tidak luar biasa...masih angot2an :) apa bisa?  Ya..kalau ngomong bisa atau mungkin ya mungkin aja sih yaa...tapi kemungkinannya lebih kecil.  Yuk, belajar sadar diri..dalam arti, bersahabatlah dengan keberhasilan.  Sadari kemampuan, jangan hanya mengandalkan kemauan yang tidak diiringi dengan action.  Latih keyakinan dengan membuat diri bersahabat dengan keberhasilan-keberhasilan kecil.  Nanti lama-lama kalian akan pede.  Cobain deh! :)


5. Fokus

Fokus pada tujuan kalian dapat  membantu kalian menjaga motivasi agar  tidak hilang. Selain itu  fokus juga akan membantu kalian mencapai tujuan dengan pasti.

Bagaimana caranya supaya bisa fokus?

Buatlah jadwal!  To do list harian. Dengan adanya to do list kalian tidak akan mengalami yang namanya 'lost' alias 'bingung musti ngapain lagi'. Simpel tentukan apa yang akan kalian kerjakan dalam 1 bulan, breakdown ke dalam hal-hal kecil menjadi to do list mingguan bahkan harian. Buat check list.
Cobain deh, it works for me :)


6. Sabar

Tujuan kalian tidak dapat  tercapai dengan cara instan. Oleh karena itu, pahami benar bahwa  di tengah tujuan ada proses yang panjang. Jangan  sampai proses itu  membuat kalian frustasi dan kembali putus asa.

Contoh:
Niatnya mau SM cepat, tapi dihadapkan pada penolakan 1-2 orang saja sudah down :) sabar buk...semua ada prosesnya.


7. Hargai keberhasilan, rayakan!

Jika salah satu tujuan kalian  ada yang tercapai, jangan ragu memberi  selamat kepada diri kalian sendiri, rayakan!  Caranya beragam, misalnya  memberikan sesuatu untuk diri sendiri.  Ga harus berupa barang, bisa juga sekedar waktu 'me time', jalan-jalan, beli buku idaman, nge-mall.  You name it!  Bekerja terus menerus kan juga ga baik.. berilah waktu untuk kalian sekedar menikmati keberhasilan kecil.

Contoh:
Buat komitmen, misalkan jika kalian berhasil melakukan prospek kepada  minimal 3 orang dalam 1 hari selama 1 minggu, maka kalian berhak membeli buku idaman.  Atau misalkan, berhasil menemukan core team baru.. saatnya ke salon! hehehe.... tentukan saja sendiri apa rewardnya..buat semenarik mungkin yaa...dan komit terhadap diri sendiri, kalau tidak tercapai ya jangan nikmati hadiah yang seharusnya jadi reward itu. Komit.  Tapi jangan lupa, berikan challenge dan reward yang membuat kalian benar-benar jadi semangat dan ingin ngejar yaa... ;)


8. Berpikir dan berperasaan positif

Yang terakhir, jagalah  motivasi yang telah kalian bangun dengan berpikir dan berperasaan positif. Mengapa pikiran dan perasaan? Karena berpikir saja tidak cukup, kalian harus juga meyakininya.  Berpikir bisa tapi hati ragu, maka sama aja ga jadi positif malah akan jadi negatif, karena ingat, bahwa pikiran bawah sadar (hati) memegang peranan 80% lebih kuat dibandingkan pikiran sadar kita.  Maka lakukanlah keduanya, berpikir dan berperasaan positif  akan membuat kalian lebih bersemangat menghadapi segala tantangan hidup.


Semoga bermanfaat yaa :)
www.MomNBiz.net

Tidak ada komentar: